ASIAN GAMES 2018

Menkominfo Tes Sistem IT Asian Games 2018, Hasilnya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri HaryantoFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan sistem teknologi informasi (TI) untuk ajang Asian Games 2018 dinyatakan sudah siap.

Kepastian itu ia ungkapkan usai mengunjungi sejumlah venue pesta olahraga se-Asia tersebut. Seperti diketahui, Asian Games akan dimulai pada 18 Agustus 2018, di mana kali ini digelar di Jakarta dan Palembang.

"Tadi meninjau kesiapan tempat untuk BMX, hoki, praktis sudah siap semua. Terus juga meninjau TI-nya," kata Rudiantara dikutip detikINET dari situs Kominfo, Senin (2/7/2018).



Saat itu, Menkominfo mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang meninjau Venue BMX di Pulo Mas, Jakarta Utara.

Selanjutnya, rombongan melakukan peninjauan venue hoki dan tenis yang berada di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Pemerintah menjamin sistem TI Asian Games 2018 akan berjalan dengan lancar. Seperti yang katakan oleh Rudiantara bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa uji coba untuk mengetes sistem yang digunakan dan melakukan perbaikan dari hasil evaluasi tim tersebut.

"Fiturnya sudah, user, aset, dan tes sudah, mudah-mudahan tidak ada masalah," kata pria yang disapa Chief RA ini.



Sebelumnya, Kementerian kominfo telah menyiapkan hal-hal guna menunjang pelaksanaan Asian Games 2018, mulai dari sistem tiket online, registrasi, serta nantinya penayangan hasil pertandingan.

Kemudian, antisipasi celah-celah pada setiap sektor yang berpotensi menjadi target serangan siber juga dilakukan Kominfo. Tujuannya agar peretasan seperti terjadi dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 dapat dihindari di Asian Games 2018.

Dalam Asian Games 2018 juga akan dilakukan uji coba jaringan 5G. Jaringan generasi kelima tersebut dapat dicoba oleh masyarakat di sekitaran venue Asian Games. (agt/rou)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HASIL PERTANDINGAN ASIAN GAMES 2018